Skip to main content

How To's : Membuat Bootable USB Flash Disk 10.9 Mavericks OSX Installer





Tidak perlu membeli

Mungkin anda membutuhkannya apabila anda ingin install mavericks secara clean install, yaitu instalasi yang akan membuat hard disk anda di format ulang dan memulai OSX dan Mac anda seperti baru. 

Saya sempat menemukan di internet, ada situs lokal yang menjual flash disk sebesar 8GB yang telah diisi dengan Installer OSX 10.9 Mavericks seharga IDR 150.000. Sebenarnya anda tidak perlu mengeluarkan uang, apabila anda dapat membuatnya sendiri. Dan ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan. 

Manfaat memiliki USB dengan installer OSX ini antara lain adalah apabila anda ingin melakukan instalasi di beberapa komputer Mac sekaligus sehingga anda tidak perlu download file instalasi berulang-ulang. Hemat waktu, dan lebih cepat dibanding instalasi dengan media penyimpanan seperi DVD. Seperti kita ketahui Apple tidak merilis OSX ini dalam bentuk fisik, artinya hanya bisa didapatkan melalui download.

You will be needing :

  1. Sebuah USB Flash Drive dengan kapasitas minimum 8GB
  2. OSX 10.9 Mavericks Installer yang bisa anda download (5,2GB) dari Appstore. Setelah Download, file akan berada pada folder Applications anda, dan akan otomatis terhapus apabila anda melakukan Instalasi dari app tersebut. Jadi biarkan dia disana.
  3. Aplikasi terbaru Diskmaker X, anda bisa dapatkan disini. Aplikasi ini gratis, namun anda dapat mendonasikan uang anda untuk developer.
  4. Anda harus login sebagai administrator pada mac anda.

Steps/ Langkah-langkah

  • Download OSX Mavericks dan biarkan di folder Applications anda.
  • Pasangkan USB Flash Disk anda
  • Install dan jalankan aplikasi DiskMaker X
  • Pilih Mavericks (OSX 10.9)
  • Pilih Use this Copy (karena file installer tetap berada di folder aplikasi)
  • Pilih an 8GB USB thumb drive
  • Pilih Choose this disk
  • Pilih Erase and create the disk
  • Pilih Continue
  • Tunggu proses hingga selesai
  • Quit dan selesai, anda telah membuat flash disk anda menjadi Installer OSX 10.9 Mavericks yang bootable.
   

Panduan gambar. Klik untuk memperbesar.
Untuk menggunakan Bootable USB anda, restart Mac anda dengan USB yang telah anda buat menancap di salah satu slot USB, kemudian ketika booting, tekan dan tahan tombol option pada keyboard sehingga muncul pilihan booting. Pilih USB Installer Mavericks anda dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Dapatkan info cara lain melalui aplikasi Terminal dengan menuju kesini


Comments

Popular posts from this blog

Internal Hard Drive Cable Failure on Macbook Pro

Know your machine Pernahkah ditengah-tengah pekerjaan di depan komputer anda, tiba-tiba saja semuanya tidak berfungsi?. Hang, Tidak ada respon apapun. Karena kasusnya adalah macbook, maka ini lebih membuat frustasi karena langsung berkaitan dengan kantung kita. Mungkin ini pelajaran bagi seseorang yang setiap harinya bekerja di depan komputer  mungkin hampir wajib untuk mengetahui—walaupun sedikit—tentang mesin mereka. Sehingga apabila bertemu dengan kasus-kasus eror pada komputer akan lebih tenang dan dapat memulai untuk mencari tahu apa yang sedang dialami oleh mesin dimana dia banyak menghabiskan waktu dengannya. Check the symptoms and Components Apabila hang total—itu yang saya alami—(macbook pro 13" unibody mid 2010), kemudian setelah merestart macbook, anda menemukan icon folder dengan question mark di tengah–tengah secara berkedip–kedip, maka ini indikasi bahwa macbook anda tidak dapat menemukan startup disk . apa itu startup disk?. Start up disk adalah media yang di
Desktop PC’s : Should we Upgrade to the “Modern” Windows 8 & 8.1? Microsoft added something different Microsoft mencoba menambahkan atau dalam hal ini menggabungkan dua cara penggunaan sebuah perangkat dalam satu Operating Sistem yang seharusnya mereka berjalan sendiri-sendiri dengan cara penggunaannya masing–masing. Itulah hal yang unik dari Sistem Windows 8 dan Windows 8.1. Microsoft berharap para penggemar XP dan 7 (2 OS yang sudah mantep) dapat menyukai pengalaman yang lebih “modern” dengan hadirnya antar muka baru bergaya flat yang sebenarnya lebih ditujukan untuk perangkat layar sentuh. Apakah konsumen diarahkan untuk beralih ke perangkat layar sentuh yang dapat juga dijadikan desktop dengan ditambah keyboard & mouse?, atau sebaliknya? menurut saya tidak. Pengguna desktop PC mungkin bahkan sudah senang & puas dengan android atau iOS, karena dua mobile OS ini sudah kuat, dan Windows sudah cukup kuat sebelum muncul Win8 & 8.1. Menurut saya mobile OS tetap